Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

Ads 468x60px

Popular Posts

Terbaru

Teknologi

Kesehatan & Kecantikan

Banner

Kuliner

Bahaya Menggunakan Bioaerosol

Apakah Bioaerosol itu. Sudahkah anda tahu bahaya menggunakannya? Apa manfaatnya? Apa akibatnya?. Mari kita perjelas.

Bioaerosol adalah partikel debu yang terdiri atas makhluk hidup atau sisa yang berasal dari makhluk hidup. Makhluk hidup terutama adalah jamur dan bakteri. Penyebaran bakteri, jamur, dan virus pada umumnya terjadi melalui sistem ventilasi. Sumber bioaerosol ada 2 yakni yang berasal dari luar ruangan dan dari perkembangbiakan dalam ruangan atau dari manusia, terutama bila kondisi terlalu berdesakan (crowded). Pengaruh kesehatan yang ditimbulkan oleh bioaerosol ini terutama 3 macam, yaitu infeksi, alergi, dan iritasi. Kontaminasi bioaerosol bersumber dari sistem ventilasi udara (humidifier) yang terdistribusi keseluruh ruangan dapat menyebabkan reaksi yang berbagai ragam seperti demam, pilek, sesak nafas dan nyeri otot dan tulang (Tan Malaka, 1998).

Penelitian juga menunjukan, beberapa hewan suka buang kotoran di debu seperti lalat, cacing, ayam dan yang lainya. Hal ini menyebabkan banyak virus yang mengendap dalam debu, sehingga penyakit yang di sebabkan debu semakin beragam. Sebagai misal, telur cacing tercampur dalam debu, kemudian debu tersebut menempel ditangan/kuku. Setelah itu telur cacing tersebut masuk ketubuh bersama makanan. Bila ini berlanjut terus menerus, maka perut anda akan tidak sehat dan berpenyakit. Selain itu berjalan tanpa alas, kaki akan menginjak debu juga yang dapat menyebabkan telur/larva cacing masuk kedalam pori-pori kaki, setelah berhasil masuk akhirnya terbawa kedalam aliran darah dan menetas di tubuh. Hal ini di tandai dengan kaki yang terasa gata. ini tandanya ada telur cacing sedang berusaha masuk lewat pori2 kaki.

Hati-hati dengan keberadaan debu. Secara sadar, kita memang hidup diantara berjuta-juta mahluk hidup. Kita berdampingan dalam mengisi setiap celah dibumi ini untuk bernafas dan beraktifitas. Kursi yang kita duduki, kasur yang kita tiduri, kendaraan yang kita naiki atau bahkan udara yang kita hirup setiap saat, mengandung berbagai macam mahluk hidup. Besarnya berkisar 0.1 sampai dengan 10 mikron saja. Kita memang berdampingan.
Mikroba banyak macam dan jenisnya. Mahluk yang termasuk kecil ini (bahkan tidak terlihat oleh mata telanjang) dapat juga hidup dalam tubuh kita dan berkembang didalamnya dengan nyaman dan tentram. Beberapa mikroba yang biasa hidup didalam ruangan yang memiliki kelembaban tinggi:

Tungau, Spora, Jamur, Kutu Hewan, Serbuk bunga, Sel kulit mati, Bakteri, ragi, Virus dan lain sebagainya. Semua jenis mikroba tersebut adalah mikroba yang tidak baik untuk kesehatan kita.

SOLUSI
Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah bioaerosol di dalam ruangan.
1. Biasakan untuk membersihkan perangkat AC secara berkala (walaupun belum terlihat kotor)

2. Pergunakan vacuum sentral di rumah atau dikantor untuk membersihkan kotoran/debu yang menempel (ingat: DEBU ADALAH PEMBAWA BAKTERI DAN VIRUS DI TEMPAT ANDA) Semakin rutin kita membersihkan ruangan, maka semakin nyaman kita beraktifitas dalam ruangan itu.

3. Memeriksakan kesehatan secara berkala ke dokter.

4. Tidak melakukan aktifitas yang menimbulkan polusi lain semisal: merokok di ruangan tertutup ber AC dan memakai parfum yang berbau berlebihan.

5. Lakukan penyaringan udara masuk.
 
 Setelah anda tahu bahaya menggunakan Bioaerosol semoga anda lebih selektif dalam menjaga kesehatan. Salam sehat
You have just read an article category Health by title Bahaya Menggunakan Bioaerosol. You can bookmark this page with a URL http://tubuhfit.blogspot.com/2013/02/bahaya-bioaerosol.html. Thank you!
Ditulis oleh: Nasrudin Latif, S.Pd, M.Pd.I -