Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

Ads 468x60px

Popular Posts

Terbaru

Teknologi

Kesehatan & Kecantikan

Banner

Kuliner

HATI-HATI DENGAN JEROAN

Hati-Hati dengan Jeroan. Jika anda sering menkosumsi / makan jeroan atau isi ternak seperti usus, hati, rempela, dan sebagainya, anda wajib membaca ini.
 
Jeroan merupakan organ bagian dalam hewan yang telah disembelih. Organ tersebut berupa usus, ginjal, hati, rempela dan yang lainya. Bagi sebagian orang, jeroan dikonsumsi sebagai makanan yang lezat. Bagi mereka jerohan seringkali dianggap sebagai biang kerok timbulnya berbagai penyakit berbahaya sepert jan¬tung koroner, stroke, dan asam urat. Se¬hingga mereka harus menghindari jerohan. 
 
Namun anda harus hati-hati dengan mengkonsumsi jeroan. Alasanya, jeroan merupakan sampah atau kotoran yang tidak boleh dikonsumsi. Sebagai misal, di beberapa negara seperti Amerika, jeroan tidak biasa dikonsumsi manusia. Jeroan umumnya dibuang atau untuk pakan ternak karena dianggap membahayakan kesehatan. Namun, di beberapa negara Eropa, seperti Italia, Spanyol, Skotlandia, Yunani, Turki, dan Rumania, jeroan biasa diolah sebagai salah satu masakan tradisional yang menggugah selera. 
 
Di Inggris, jeroan biasa dimasak sebagai steik. Yang menganggap jeroan sebagai sampah atau kotoran yang tidak boleh dikonsumsi memang masuk akal. Saya sendiri tidak suka mengkonsumsi jeroan. Hal dikarenakan, Jeroan mengandung berbagai penyakit. Ambil saja hati sebagai sample. Hati merupakan organ utama tubuh bagian dalam hewan. Senyawa beracun lebih banyak ditemui pada hati, dibandingkan dengan bagian tubuh lain. Sebab, hati merupakan tempat untuk menetralkan racun di dalam sistem pencernaan tubuh. 
 
Bahaya lain dari jeroan adalah kolesterol. Kolesterol yang terdapat dalam jeroan sangat tinggi terutama otak, hati dan usus. Kolesterol merupakan fraksi lemak yang biasa terdapat dalam aliran darah dan seluruh sel dalam tubuh. Kolesterol senantiasa ada dalam tubuh dan mempunyai fungsi yang penting. Karena kolesterol dalam jeroan sangat tinggi, hal ini tentu sangat berbahaya, apalagi bagi mereka yang sudah berusia lanjut dan cenderung obesitas. Kandungan purin yang terdapat dalam purin juga sangat tinggi. Karena kadar purin yang tinggi, Jeroan tidak aman dikonsumsi oleh penderita asam urat karena salah satu penyebab penyakit asam urat adalah makanan tinggi purin. Memang dari segi negatif yang ada dalam jeroan, ada beberapa segi manfaat dari jeroan. Namun saran saya, hindari dan hati-hati mengkonsumsi jeroan untuk kesehatan anda. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.
You have just read an article category Health / Suplement by title HATI-HATI DENGAN JEROAN. You can bookmark this page with a URL http://tubuhfit.blogspot.com/2013/01/hati-hati-dengan-jeroan.html. Thank you!
Ditulis oleh: Nasrudin Latif, S.Pd, M.Pd.I -