Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

Ads 468x60px

Popular Posts

Terbaru

Teknologi

Kesehatan & Kecantikan

Banner

Kuliner

PENYEBAB DAN SOLUSI RASA NYERI TUBUH

Jika anda sering merasakan rasa nyeri di tubuh, sendi linu, dada sakit, pinggang rasanya mau copot, kaki kebas-kebas dan masalah lain di tubuh kita. Gaya hidup yang tidak sehat bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Jangan sepelekan masalah nyeri yang ada pada tubuh anda, karena nyeri yang anda derita bisa menjadi sinyal adanya ketidakberesan pada kesehatan Anda. 
Rasa nyeri ini bisa berada dimana saja. Terkadang rasa nyeri itu muncul di dada, punggung, kepala, gusi dan lain lain. Menurut beberapa ahli, kondisi nyeri berikut ini harus anda berikan perhatian khusus. Ini beberapa rasa nyeri di tubuh beserta solusi dan bahayanya

1. Nyeri kepala berat
Bisa saja itu migrain. Namun, bila tidak disertai dengan gejala migrain lainnya, dan tiba-tiba terserang nyeri kepala hebat, kemungkinannya Anda mengalami aneurisma otak. Aneurisma otak merupakan sebuah kelainan pembuluh darah otak akibat pecahnya aneurisma, dapat menyebabkan kerusakan otak dalam beberapa menit.

2. Gigi nyut-nyutan

Sakit gigi bisa disebabkan saraf gigi yang rusak, karena enamel retak atau busuk. Jika dibiarkan, bakteri mulut akan menyerang saraf. Ini waktunya Anda melakukan kontrol ke dokter gigi.

3. Nyeri dada
Nyeri dada seperti ditusuk-tusuk, sesak nafas dan sakit di bagian tubuh atas, menjadi pertanda adanya masalah pada jantung Anda. Parahnya, wanita berisiko lebih tinggi dibanding pria.

4. Pegal pinggang belakang
Jika pinggang kanan Anda terasa ditusuk-tusuk dan disertai muak dan demam, bisa menjadi pertanda Anda memiliki usus buntu. Bagi wanita, bisa juga sinyal adanya kista ovarium.


5. Nyeri kaki disertai bengkak
Jika betis Anda terlihat bengkak, merah atau terasa hangat saat disentuh, Anda mungkin mengalami trombosis vena (DVT) atau dikenal sebagai gumpalan darah. Waspadai, karena gumpalan bisa menghambat pembuluh darah di betis. Parahnya, gumpalan tersebut bisa masuk ke dalam paru-paru dan mengancam nyawa Anda.

Bagaimana Penanganan / Solusi mengatasi Rasa Nyeri? 
Mengatasi nyeri tergantung dari derajat rasa nyeri serta tanggapan pada obat analgesik. Pemberian dan penggantian obat analgesik dilakukan secara bertahap. Tahapan digambarkan dengan Jenjang Analgesik dengan tiga tahap atau langkah. Langkah pertama mencakup obat analgesik nonnarkotik, misalnya aspirin atau parasetamol. Perhatikan: parasetamol (mis. Panadol) sebaiknya dihindari oleh orang dengan hepatitis. Langkah kedua memberi narkotik lemah, misalnya kodein, bila dibutuhkan dengan tetap diberi analgesik biasa. Sedang pada langkah tertinggi, diberikan obat narkotik kuat, misalnya morfin, sekali lagi dengan analgesik biasa bila dibutuhkan.

Obat Analgesik juga dapat ditambah dengan adjuvan, obat untuk membantu khasiat obat pokok. Adjuvan dapat termasuk obat bius lokal, steroid, dan obat antimual, serta juga terapi penunjang yang dibahas di atas. Jenis obat analgesik yang diberi dapat dinaikkan ke langkah berikutnya bila tidak ada perbaikan dengan penggunaan takaran yang dianjurkan. Sebaliknya, bila diberi analgesik langkah ketiga dan nyeri mulai hilang, obat diganti dengan obat jenis langkah kedua dulu, terus (bila nyeri masih tetap ringan) dengan obat jenis langkah pertama, terus dihentikan bila masalahnya hilang total. Jangan langsung berhenti memakai obat pada langkah kedua atau ketiga. Beberapa ahli nyeri menganggap bahwa cara terbaik untuk menawar nyeri adalah dengan memberi obat pada jadwal tetap, dengan takaran tetap, sebelum rasa nyeri dialami.
Dengan mengetahui penyebab dan solusi rasa nyeri di tubuh kita, selanjutnya kita menjaga gaya hidup sehat kita. Salam sehat...
You have just read an article category Health / Nutrition / Supplement by title PENYEBAB DAN SOLUSI RASA NYERI TUBUH. You can bookmark this page with a URL http://tubuhfit.blogspot.com/2013/02/rasa-nyeri-di-tubuh.html. Thank you!
Ditulis oleh: Nasrudin Latif, S.Pd, M.Pd.I -