Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

Ads 468x60px

Popular Posts

Terbaru

Teknologi

Kesehatan & Kecantikan

Banner

Kuliner

GIZI UNTUK IBU DAN BALITA


Gizi untuk ibu dan balita. Pertumbuhan anak dipengaruhi oleh makanan, lingkungan dan juga faktor keturunan. Bila makananya normal, tetapi anak tersebut mempunyai keturunan berbadan tinggi dan besar, ada kemungkinan anak tersebut akan tumbuh dengan postur tubuh yang besar dan tinggi seperti ayah dan ibunya. Jadi, meskipun anak tersebut lahir dalam keadaan berpostur tubuh kecil, pertambahan yang cepat tidak akan menghawatirkan, sepanjang tinggi dan berat badanya seimbang.
Untuk pertumbuhan anak serta kesehatan ibu, asupan gizi yang cukup harus terpenuhi. Ibu menyusui memerlukan kalori, protein, mineral dan vitamin yang tinggi. Semua itu diperlukan untuk produksi ASI dan menjaga kesehatan ibu. Seperti yang di lansir oleh majalah compas, 2001, Seorang ibu menyusui rata rata menghasilkan 800ml ASI sehari, yang mengandung sekitar 600 kalori. Untuk itu, ia membutuhkan tambahan sebesar 3000 kalori. Kebutuhan ini bisa dipenuhi dengan beras 400 gram, daging 200 gram,, telur 50 gram, tempe 100 gram, kacang hijau 25 gram, gula pasir 25 gram, sayuran 300 gram, buah 200 gram, minyak 25 gram, dan susu 500 gram.
Sementara untuk balita, sebaiknya makanan untuk bayi ketika umur 0 – 6 bulan hanya diberikan ASI saja. Diatas 6 bulan bayi bisa mulai diperkenalkan makanan lain berupa buah yang dicairkan dengan air masak, makanan lumat (bubur), disamping ASI. Kemudian bayi juga sudah mulai diperkenalkan sayur, lauk dan nasi yang di encerkan. Ketika anak sudah diatas 1 tahun, anak bisa diberi makanan seperti orang dewasa, namun tidak yang terasa pedas.
Pada masa balita, pertumbuhan anak yang cepat membutuhkan zat pembangun dan pengatur. Zat ini bisa di dapat dari ikan, daging, telur, susu, kacang, tempe, wortel, tomatdan buah berwarna kuning. Anak juga memerlukan tambahan sumber energi untuk aktifitasnya. Sumber ini bisa didapat dari beras, kentang, roti, makaroni, mie, tepung, gula dan minyak. Untuk perkembangan mentalnya, terutama pertumbuhan sel otak, diperlukan zat pembangun yang terdapat pada ikan, daging, susu, ayam, tahu dan kacang. Ibu harus memperhatikan variasi makanan tersebut agar anak tumbuh menjadi anak yang sehat. Untuk mengetahui apakah makanan yang diberikan sudah mencukupi kebutuhan anak, dapat dilihat dari perkembangan berat badan anak.

Keywords: Gizi, Balita, Kesehatan Anak
You have just read an article category sehat by title GIZI UNTUK IBU DAN BALITA. You can bookmark this page with a URL http://tubuhfit.blogspot.com/2013/01/gizi-untuk-ibu-dan-balita_9.html. Thank you!
Ditulis oleh: Nasrudin Latif, S.Pd, M.Pd.I -