Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

Ads 468x60px

Popular Posts

Terbaru

Teknologi

Kesehatan & Kecantikan

Banner

Kuliner

A beautiful and Healthy Home


Pepatah arab mengatakan “ baityy jannaty ( rumahku adalah sorgaku). Sementara orang barat mengatakan “ home sweet home. Pepatah tersebut di lontarkan bukan tanpa alasan. Rumah merupakan tempat dimana kita istirahat, berkumpul dengan keluarga serta sebagai simbol kemapanan. Untuk itu, rumah haruslah indah serta sehat dari penyakit dan pencemaran lingkungan. Rumah sehat adalah rumah yang bisa memberikan rasa nyaman kepada seluruh penghuni rumah. Rumah pada dasarnya merupakan tempat hunian yang sangat penting bagi kehidupan setiap orang.
Rumah tidak sekedar sebagai tempat untuk melepas lelah setelah bekerja seharian, namun didalamnya terkandung arti yang penting sebagai tempat untuk membangun kehidupan keluarga sehat dan sejahtera. Rumah yang sehat dan layak huni tidak harus berwujud rumah mewah dan besar namun rumah yang sederhana dapat juga menjadi rumah yang sehat dan layak dihuni.  Kriteria utama sebuah rumah agar dapat menjadi rumah yang sehat adalah terdapatnya sirkulasi udara yang baik dan cukup serta pencahayaan yang baik. Kedua hal ini bisa didapatkan dengan cukupnya jumlah ventilasi dan jendela dirumah anda. Fungsi utama dari ventilasi adalah untuk menjaga agar sirkulasi udara berjalan dengan baik sehingga keseimbangan oksigen yang diperlukan penghuni rumah dapat terjaga dengan baik. Kurangnya ventilasi akan menyebabkan tidak lancarnya sirkulasi udara sehingga akan membuat rumah menjadi pengap dan sesak.
Rumah yang sehat juga harus mendapat pasokan cahaya yang cukup. Kurangnya cahaya yang masuk kedalam rumah akan mempermudah bibit penyakit untuk berkembang biak dalam rumah anda. Akan tetapi jangan sampai berlebihan juga karena dapat menyilaukan mata anda dan bisa mengakibatkan kerusakan pada mata anda.
Cahaya ini dapat diperoleh dengan cara alami yaitu cahaya matahari dan cahaya buatan yaitu cahaya lampu. Untuk memperoleh cahaya alami yang cukup tentu saja terpengaruh oleh jendela yang ada. Dalam membuat jendela harus memperhitungkan sinar matahari, cahaya matahari dapat langsung masuk ke ruangan, jadi dapat dikatakan kalau jendela adalah jalan masuk cahaya.
Lokasi penempatan jendela harus sangat diperhatikan yaitu jendela harus ditengah-tengah tinggi dinding agar cahaya matahari masuk menyinari lantai  dan bukan menyinari dinding karena akan mengakibatkan kerusakan cat pada dinding anda dan rumah anda hawanya akan terasa panas.
Selain kedua criteria utama ini, beberapa hal yang menjadi penunjang agar rumah kita menjadi rumah yang sehat adalah tersedianya system pembuangan kotoran yang baik, dan lingkungan tempat tinggal yang baik. Rumah yang sehat juga tidak hanya dari segi fisik rumahnya saja, namun suasana dirumah pun harus dibuat senyaman mungkin oleh para penghuninya seperti dengan mengisi hari-hari bersama keluarga dengan penuh kasih sayang dan cinta kasih. Dengan demikian rumah anda pun akan bisa dikategorikan sebagai rumah sehat.
Bila dikaji lebih lanjut maka sudah sewajarnya seluruh lapisan masyarakat menempati rumah yang sehat dan layak huni. Rumah tidak cukup hanya sebagai tempat tinggal dan berlindung dari panas cuaca dan hujan, Rumah harus mempunyai fungsi sebagai :
1. Mencegah terjadinya penyakit
2. Mencegah terjadinya kecelakaan
3. Aman dan nyaman bagi penghuninya
4. Penurunan ketegangan jiwa dan sosial
You have just read an article category sehat by title A beautiful and Healthy Home. You can bookmark this page with a URL http://tubuhfit.blogspot.com/2013/01/a-beautiful-and-healthy-home.html. Thank you!
Ditulis oleh: Nasrudin Latif, S.Pd, M.Pd.I -