Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

Ads 468x60px

Popular Posts

Terbaru

Teknologi

Kesehatan & Kecantikan

Banner

Kuliner

Manfaat Lebih Mendonorkan Darah

Manfaat donor darah. Banyak hal yang bisa kita lakukan sehubungan dengan meneguhkan iman kita dengan amal yang nyata. Salah satu yang bisa kita lakukan sekarang adalah dengan mendonorkan darah kita. Donor darah merupakan salah satu bentuk tindakan sosial yang sangat mulia dan tidak mengenal pamrih.

Namun sayang, masih sedikit orang yang
tergerak hatinya untuk mau menyumbangkan darahnya. Masih banyak orang yang menganggap donor darah sebagai hal yang menakutkan. Mereka takut darah mereka akan berkurang. Padahal jika mereka tahu, donor darah justru akan meningkatkan produksi sel darah merah.
Dengan berkurangnya sel darah merah sumsum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang telah hilang. Hasilnya, sebagai pendonor kita akan mendapatkan pasokan darah baru setiap kali kita mendonorkan darah. Insya Allah kitapun akan semakin sehat karena darah kita mengalami regenerasi. Darah kita yang lama akan tergantikan dengan yang baru.
Selain manfaat diatas, Insya Allah banyak manfaat  mendonorkan darah yang bisa kita peroleh  di antaranya:

1. Sebagai bukti nyata akan keimanan kita kepada Allah SWT.
2. Menambah pahala.

Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya” [QS al Maidah:32]
Syaikh Abdullah al Jibrin dalam kitabnya [Al Fatawa Asy Syar’iyyah fi Al Masail Ath Thibbiyyah juz 2 hal 23]. Menyebutkan: Tidaklah diragukan bahwa orang yang mendonorkan sebagian darahnya yang berlebih tanpa membahayakan tubuhnya untuk menyelamatkan orang yang sakit keras dan menjadi sebab hilang atau berkurangnya penyakit adalah suatu amal yang berpahala jika dilakukan dengan ikhlas karena Allah semata. Boleh jadi donor darah termasuk dalam ayat di atas dengan syarat terwujudnya kesembuhan atau tidak sangat tergantung dengan donor darah tersebut-jika Allah mengizinkannya-.

3. Bisa menolong orang lain tanpa harus tahu siapa yang akan kita tolong. Hal ini akan menjauhkan kita dari sifat riya'
 
4. Mendapatkan Kesehatan Psikologis
Dengan mendonorkan darah tentu tak dapat di nilai dengan materi uang sehingga berdampak kepuasan dan kegembiraan secara psikologis. Ada sebuah penelitian bahwa orang yang sudah lanjut usia dan secara rutin menjadi pendonor darah akan merasakan tetap berenergi dan bugar.


Untuk manfaat donor darah lainya, silahkan baca disini Donor darah.

Marilah kita donorkan darah kita untuk membantu sesama kita yang membutuhkanya.
1. Baca Basmallah dan niatkan untuk Allah serta sebagai sarana agar bermanfaat untuk orang lain
2. Rasakan nikmat yang Allah berikan ketika darah mengalir
3. Berbahagialah kita menjadi orang yang dapat mendonorkan darah karena itu pertanda bahwa kita diberi nikmat SEHAT

Demikian manfaat lebih dalam mendonorkan darah. Semoga semakin membuat kita sadar...
You have just read an article category Health by title Manfaat Lebih Mendonorkan Darah. You can bookmark this page with a URL http://tubuhfit.blogspot.com/2013/02/manfaat-donor-darah.html. Thank you!
Ditulis oleh: Nasrudin Latif, S.Pd, M.Pd.I -